Allah Itu Ada, Hal yang Perlu Ditanamkan pada Anak

loading...

SEBAGAI orang tua, mereka memiliki kewajiban untuk mendidik keturunan mereka agar selalu berada di jalan yang seharusnya. Maksudnya, mereka harus mampu membimbing dan membina anaknya hingga anak tersebut mengetahui mana yang harus dilakukan dan mana yang harus ditinggalkan. Bukan hanya itu, sang anak juga perlu diberi pengetahuan bahwa ada yang Maha segalanya di muka bumi ini.

Penanaman tentang pentingnya mengetahui bahwa Allah itu ada merupakan upaya pengetahuan anak agar mengenal Tuhan-Nya. Lalu, bagaimana cara menanamkannya pada anak?

Didiklah anak sejak kecil untuk mengucap “Bismillah” bila akan makan atau mengerjakan pekerjaan-pekerjaan baik lainnya. Dan, didik pula untuk mengucap “Alhamdulillah” sesudah makan atau minum atau setelah selesai melakukan sesuatu pekerjaan.

Berikan penjelesan pada anak bahwa yang menumbuhkan tanaman, menciptakan matahari dengan sinarnya, udara, menurunkan hujan adalah Allah SWT, termasuk juga dirinya dan hal-hal lain yang mudah anak pahami. Dengan begitu anak mengetahui bahwa semua yang ada di muka bumi ini ada yang menciptakan, dan Dialah pemilik alam semesta. []

Sumber: Anda Bertanya Islam Menjawab/Karya: Prof. Dr. M. Mutawalli as-Sya’rawi/Penerbit: Gema Insani

loading...

Leave a Reply