Beberapa Kombinasi Makanan yang Kurang Baik untuk Pencernaan

loading...

Beberapa Kombinasi Makanan yang Kurang Baik untuk Pencernaan

Sahabat Ummi, makanan adalah satu kebutuhan pokok manusia yang sangat dibutuhkan bukan hanya sebagai sumber tenaga, tetapi juga sebagai asupan nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh. Asupan makanan yang baik akan memberikan nutrisi yang baik pula bagi kerja organ tubuh termasuk sistem pencernaan. Sistem pencernaan merupakan salah satu bagian tubuh yang sering terindikasi penyakit ataupun bakteri. Oleh karena itu, kita perlu menghindari kombinasi makanan yang kurang baik bagi pencernaan.

Berikut beberapa kombinasi makanan yang kurang baik untuk pencernaan :

1. Makanan berlemak dengan makanan berprotein

Sahabat Ummi, kombinasi makanan pertama yang kurang baik untuk perncernaan adalah makanan berlemak dengan makanan berprotein. Kita perlu menghindari makan mentega, minyak dengan telur, keju, serta daging. Lalu hindari pula lemak makanan dengan roti putih. Hal ini karena mencerna lemak membutuhkan jus empedu (garam empedu) yang diekskresi dari hati dan kandung empedu. Jika Sahabat Ummi mengkonsumsi makanan berlemak dengan protein, hal ini akan memblokir sekresi jus empedu (garam empedu) yang menyebabkan gangguan pencernaan lemak.

2. Minum teh dan kopi setelah makan

Teh dan kopi yang dikonsumsi oleh seseorang ketika selesai makan dapat mencegah penyerapan makanan dan menganggung asam lambung. Hal ini berakibat pada penundaan proses pencernaan serta memperburuk nutrisi yang banyak terkandung dalam makanan.

3. Makan buah setelah makan (hidangan utama)

Sahabat Ummi, perlu diketahui bahwa mengonsumsi buah-buahan setelah selesai menyantap hidangan utama dapat menyebabkan zat makanan membusuk di perut dan mengarah kepada ganguan pencernaan dan gas yang bermasalah. Oleh karena itu disarankan untuk mengkonsumsi buah-buahan satu jam sebelum makan atau dua jam setelah makan guna menunggu proses makanan utama yang sedang dicerna.

4. Minum air diantara waktu makan dan sesudah makan

Tanpa disadari, kita mungkin pernah minum air atau minuman lainnya di tengah-tengah waktu makan atau tepat ketika selesai makan. Tapi tahukah Sahabat Ummi bahwa minum air atau minuman lainnya diantara waktu makan atau tepat ketika selesai makan dapat menghambat pencernaan makanan serta menyebabkan kembung dan gas yang akan dibentuk. Selain itu, air dapat mengganggu perut yang sedang mencerna zat makanan. Oleh karenanya, disarankan kepada untuk minum air 5 menit sebelum makan dan 15 menit setelah selesai makan.

5. Makan tomat dan mentimun

Sahabat Ummi, mungkin sudah tidak asing lagi dengan kombinasi yang satu ini. Yap kombinasi tomat dan ketimun menjadi hal yang lumrah terlebih bagi yang sedang melakukan diet ketat. Tetapi tahukah bahwa konsumsi kedua sayurana ini dapat mengganggu jalur biokimia di dalam tubuh. Hal tersebut dapat menyebabkan kalsinasi dan pembengkakan berlebihan. Bukan hanya itu, vitamin yang terkandung dalam tomat dan mentimun juga tidak dapat dicerna dengan baik.

6. Makan daging merah dengan makanan zat bertepung atau berkarbohidrat

Sahabat Ummi konsumsi daging merah dengan makanan zat bertepung atau berkarbohidrat seperti nasi, kentang, dan yang lainnya menyebabkan pencernaan sulit mencerna makanan-makanan tersebut. Tara Alder seorang praktisi kesehatan profesional mengatakan, “Zat protein akan membusuk, dan karbohidrat akan berfermentasi. Ini akan menyebabkan gas dan perut kembung.” Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi daging merah dan daging ayam dengan biji-bijian. Seorang konselor kesehatan di New York, Bhaswati Bhattacharya, mengatakan “Nasi dan kacang polong atau buncis, memiliki efek sinergis, yang berpadu dengan harmonis saat keduanya dikonsumsi secara bersamaan.”

7. Makan daging dengan keju

Daging dan keju sama-sama kaya akan protein. Siapapun yang mengonsumsi kedua makanan ini dalam waktu yang bersamaan atau pada waktu yang sama maka menyebabkan produksi protein dalam tubuh meningkat sehingga dapat meningkatkan produksi protein pada hati.

8. Hindari makan yogurt dengan buah

Yogurt merupakan protein hewani. Jika konsumsi yogurt dicampur dengan buah-buahan dapat menyebabkan gangguan pencernaan yang disebabkan karena keasamannya. (Fikriah NurJannah)

Sumber : aura(dot)tabloidbintang(dot)com, id(dot)theasianparent(dot)com/dan berbagai sumber
Ilustrasi: Google

Sumber: ummi-online.com

loading...

Leave a Reply