Dewan Kota Newcastle Cabut Gelar Kehormatan Suu Kyi

loading...

NEWCASTLE— Ketua Dewan Kota Nick Forbes, di Inggris menggelar sidang untuk mencabut gelar kehormatan Aung San Suu Kyi. Pemimpin Myanmar tersebut dinilai tak pantas menyandang anugerah sebagai Tokoh Perdamaian karena membiarkan pembantaian terus terjadi di Rakhine.

“Dia tidak melakukan apa pun untuk menghentikan genosida pada Muslim Rohingya di negaranya,” kata Forbes

Nick Forbes menyindir Suu Kyi yang tak lagi merepresentasikan semangat Kota Newcastle yang menjunjung tinggi solidaritas dan rasa kemanusiaan.

“Kami terpaksa mengambil langkah ini dengan penyesalan yang luar biasa. Bahwa ada suara yang dulu sangat lantang berbicara sesuai dengan semangat penduduk kota ini, kini memilih diam,” kata Forbes.

Suu Kyi dulu dianugerahi gelar Tokoh Perdamaian Newcastle tahun 2011 atas perjuangan panjangnya menegakkan demokrasi di Myanmar. Namun kini dia malah bungkam saat seisi dunia berteriak atas pembantaian Muslim Rohingya di Rakhine.

Gelar Tokoh Perdamaian Newcastle ini merupakan penghargaan bergengsi. Beberapa tokoh yang pernah menerima antara lain pejuang HAM dari Afrika Selatan Nelson Mandela.

“Keterkaitan Suu Kyi dengan kota kita adalah hal yang memalukan. Kita dulu menghormatinya, dan sekarang dia begitu mengerikan dan mempermalukan kita,” pungkasnya. []

SUMBER: MEDIANEWCASTLE

loading...

Leave a Reply