Ternyata Poto Kakek di Rumah Makan Padang Itu Ulama Besar, Ini Kisahnya!

loading...

Kalau kamu pernah mengunjungi rumah makan padang, pasti bakal melihat poto seorang kakek yang mengenakan peci hitan dan berkalung sorban, terpajang di salah sudut dinding ruangan.

Orang yang ada di poto itu bukan pemilik rumah makan tersebut, melainkan Syech Kiramatulla Ungku Saliah, tapi lebih dikenal dengan sebutan Angku Saliah atau Ungku Saliah. Dan pastinya, pemilik rumah makan padang itu merupakan orang Pariaman, Sumatera Barat.

Ungku Saliah adalah seorang ulama besar penganut Mazhab Syafi’i, yang lahir sekitar tahun 1887. Karena beliau orang yang sejak kecil rajin belajar dan taat beribadah, maka gurunya memberi dia gelar dengan nama Saliah. Seiring perjalanan hidupnya, banyak orang yang berguru dan jadi pengikut.

Beliau ini memiliki keistimewaan khusus layaknya wali Allah. Salah satunya dalah hal mengobati orang sakit. Atas izin Allah SWT, beliau bisa mengobati berbagai penyakit hanya dengan sembarang benda yang ada di sekitarnya. Seperti daun, rumput, batu atau yang lainnya. Anehnya, benda-benda yang diambilnya itu bisa mujarab jadi alat penyembuh.

Selain itu, konon Ungku Salia ini bisa memecah raga. Sehingga, dalam satu waktu yang bersamaan dia bisa menghadiri berbagai acara di tempat yang berbeda. Kisah yang paling menghebohkan adalah ketika air bah datang di sebuah kampung, tapi air bah itu tidak jadi menerjang kampung tersebut, sebab airnya berbelok arah setelah dilempar batu kerikil oleh Ungku Saliah dari kejauhan.

Beliau wafat pada 3 Agustus 1974 di Sungai Sariak, Pariaman. Makamnya dibuat gobah yang sampai sekarang tetap dikunjungi oleh para penziarah.

Sehingga tidak heran jika para pengagumnya atau orang-orang yang mengikuti ajaran yang dianutnya, memajang poto Ungku Salia. Sebagian ada yang percaya, jika memajang foto kakek itu akan membawa keberuntungan, rizki dalam usaha mereka. Sebagian lainnya lagi, ada yang memajang foto Ungku Saliah sebagai identitas orang Pariaman.

Sumber: merdeka.com/peristiwa/cerita-di-balik-foto-kakek-kakek-tua-di-rumah-makan-padang.html

loading...

Leave a Reply