Inilah Mengapa Wanita Lebih Baik Tinggal di Rumah

loading...

وَقَرْنَ فِي بُيُوتِكُنَّ وَلَا تَبَرَّجْنَ تَبَرُّجَ الْجَاهِلِيَّةِ الْأُولَى

“Dan hendaklah kalian tetap berada di dalam rumah-rumah kalian dan janganlah kalian berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang Jahiliyah terdahulu.” (Al Ahzab: 33)

SAUDARIKU, inilah ayat yang telah terjabarkan dalam Al-Qur’an yang telah dikhususkan oleh Allah SWT hanya untukmu.

Marilah kita mencoba mengambil pelajaran dari perintah Allah dalam ayat di atas. Berikut beberapa keterangan yang bisa kita ambil dalam penggalan ayat tersebut.

Kemuliaan Muslimah Diraih di Dalam Rumah

Dalam ayat di atas bisa dibaca dengan dua bacaan:

1. Yang pertama dibaca (وَقَرْنَ) (Wa qarna), berasal dari kata (القَرَار). Maknanya adalah tinggal dan menetap di dalam rumah dan tidak keluar rumah kecuali untuk keperluan yang mendesak.

2. Dibaca (وَقِرْنَ) (Wa qirna), berasal dari kata (ألوَقَار) yang artinya kewibawaan dan kemuliaan.

Kedua makna di atas saling berkaitan satu dengan yang lainnya. Wanita yang tinggal di rumahnya maka akan memiliki kewibawaan dan kemuliaan dan ketika mereka sering keluar rumah dan tidak berada di rumahnya maka dirinya akan jauh dari kewibaan dan akan berganti dengan kondisi yang sebaliknya.

Tanggung Jawab Besar di Dalam Rumah

Allah berfirman,

وَقَرْنَ فِي بُيُوتِكُنَّ

“Dan hendaklah kalian tetap berada di dalam rumah-rumah kalian.”

Dinisbatkan ‘‘rumah-rumah kalian” kepada wanita, padahal secara umum para wanita tinggal di rumah milik suaminya, ini menunjukkan bahwa ada kekhususan wanita dengan rumah, yaitu dengan tinggal di rumah, menjaganya, dan tanggung jawab yang besar terhadap rumah yang dia tempati.

Oleh karena itu, dinisbatkan rumah itu kepada wanita. Dengan demikian para wanita tertuntut untuk tetap tinggal di dalamnya dan tidak keluar rumah kecuali jika memang ada kebutuhan yang mengharuskannya untuk keluar rumah. []

Redaktur: Siti Holilah
Sumber: Muslimah

loading...

Leave a Reply