Islam Mengatur Isi Dunia Dengan Sangat Elegan

loading...

Allah adalah Dzat yang maha berkuasa mengatur segala-galanya. Segala aturan yang diterapkan didalam agama islam tertata dengan sangat elegan.

Segala sesuatu yang menjadi larangan ataupun perintahnya sungguh mengandung hikmah yang luar biasa. Otak kita tak mampu menghitung semua yang ada didunia ini.

Tugas kita yang paling utama hanya meyakini bahwa perintah ataupun larangannya tak lain terkandung sebuah kebaikan yang dihadiahkan untuk hambanya.

Kita hanya ditugaskan untuk meyakini segala sesuatunya dengan penuh keyakinan Lillahi Ta’ala.

Islam Menyampaikan Aturan Allah Melalui Siapa?

Ketika kalimat tersebut terdengar oleh telinga kita, maka jawabannya adalah aturan islam disampaikan oleh nabi-nabi allah. Lalu bagaimana aturan tersebut bisa ada?

Nah, ini yang akan menjadi pembahasan paling pokok. Semua aturan Allah yang telah diterapkan dalam islam terjadi karena tingkah laku hamba-hambanya, Allah membuat batasan-batasan sedemikian rupa terhadap hambanya untuk mengatur kehidupannya.

Melalui para nabinya Allah menjadikannya teladan bagi setiap ummat, hingga datang nabi besar kita Nabi Muhammad SAW sebagai teladan penyempurna paling sempurna.

Apakah Islam Hanya Mengatur Hubungan Manusia Dengan Allah Saja?

Islam tentunya tidak hanya menyangkut masalah hubungan kita dengan allah, namun juga menyangkut hubungan kita dengan sesama manusia dan lingkungan.

Dalam hubungan kita dengan allah, kita mengenal yang namanya shalat, zakat, puasa, naik haji dan sebagainya. Dewasa ini, masyarakat kebanyakan sering mengartikan bahwa islam itu hanya mengurus msalah ibadah kepda allah saja.

Bahkan ada yang beranggapan bahwa allah hanya mengawasi makhluknya saat berada didalam rumah ibadah saja, selebihnya ketika berada diluar rumah ibadah tersebut maka Allah seolah-olah tidak ada saat itu.

Dari itu tak jarang orang-orang menyembunyikan sesuatu dengan dibarengi kalimat “Sudahlah tak mungkin ada yang tahu”. Secara kasat mata mungkin memang tidak ada orang lain selain dirinya sendiri.

Itu sebabnya seseorang tak sengaja melupakan allah di saat-saat tertentu. Mereka lupa bahwa allah melihat semuanya baik yang terlihat maupun tidak terlihat.

Islam begitu sempurna dalam menata rambu-rambu kehidupan kita. Islam itu mengatur seluruh aspek kehidupan manusia dari yang paling kecil hingga paling besar, dari paling sederhana hingga paling rumit. bahkan dari manusia bangun tidur sampai tidur lagi.

Bagaimana Islam Mengatur Harta Kita?

Islam mengatur harta kita dengan cukup adil. Dalam islam kita diajarkan untuk menjaga baik-baik harta yang kita miliki. islam juga mengatur untuk menggunakan harta yang kita miliki dengan tidak berlebihan ataupun terlalu menghemat. Karena pemborosan ataupun penghematan yang berlebihan dalam harta itu sangat merugikan diri sendiri.

Islam juga menganjurkan kita untuk bersifat zuhud dalam memandang harta, dan zuhud disini adalah kita dianjurkan untuk selalu sederhana dalam memandang harta. Tidak terlalu mencintainya hingga lupa sampai menghalalkan segala yang dilarang Allah untuk mendapatkannya.

Menyisihkan sebagian harta kita untuk orang lain adalah anjuran islam juga dalam menjaga dan mengatur harta yang kita punya.

Bagaimana Islam Mengatur Tata Cara Membangun Rumah Tangga?

Tak berhenti disitu saja karena islam juga telah mengatur tata cara kita dalam memulai sebuah rumah tangga. Dari mulai ta’arruf sampai mengkhitbah seorang perempuan, hingga akhirnya menjadi seorang istri, ibu bagi anak-anaknya dan mertua bagi menantu-menantunya.

Islam juga mengatur kehidupan untuk selalu handai tolan, baik terhadap tetangga-tetangga yang ada disekitar, maupun jauh. Karena dalam bersilatur rahim tak ada kata jauh maupun dekat.

Bagaimana Islam Mengatur Cara Berfikir Kita?

Islam menganjurkan kita untuk selalu berpikir positif kepada Allah SWT karena akan berdampak besar dalam kehidupan kita. Kekuatan besar akan muncul untuk mengimbanginya agar tetap melakukan hal-hal yang terpuji dengan cara yang baik juga.

Selalu Husnudzzan akan bermanfaat dalam menghadapi setiap permasalahan yang ada, tapi tidak semua manusia bisa melakukannya sendiri, terkadang mereka membutuhkan kata motivasi ataupun masukan dari orang lain.

Karena dalam perjalanan hidup setiap manusia, kebahagiaan merupakan sesuatu hal yang dicari dan sangat diinginkan.

Sumber: humairoh

loading...

Leave a Reply