Pakaian Warna Kuning

loading...

Pakaian Warna Kuning

Assalamu’alaikum

Ustadzah saya baru membaca hadits Rasulullah saw yang melarang umat Muslim memakai pakaian warna kuning karena itu adalah pakaian orang kafir. Apakah itu berlaku bagi semua umat Muslim, atau khusus laki-laki saja? Perempuan boleh memakai pakaian kuning? Saya juga membelikan baju warna kuning untuk anak laki-laki saya yang berumur 2 tahun, apakah boleh? Kalau tidak boleh, harus diapakan pakaian itu? Terima kasih.

Wassalamu’alaikum

ERVINA, MADIUN

Wa’alaikumussalam

Hadits Rasulullah saw yang melarang umat Islam memakai pakaian berwarna mu’ashfar di antaranya diriwayatkan dari Ali bin Abi Thalib, bahwa Rasulullah saw melarang mengenakan pakaian sutra dan juga al mu’ashfar (HR Muslim, Abu Daud,Tirmidzi).

Dari Ibnu Umar ra, bahwasanya Rasulullah saw pernah ditanya,”Pakaian apa yang dikenakan saat orang berihram?” Beliau saw menjawab, ”Janganlah engkau memakai baju, serban, celana, baju panjang, terompah, kecuali bagi seseorang yang tidak mendapati sandal maka pakailah terompah itu dengan dipotong bagian atas dari mata kakinya. Dan janganlah engkau mengenakan kain mu’ashfar—seperti warna kunyit (warna kuning),” (Muttafaq’alaih, sedangkan lafazhnya dari Muslim).

Dari Amr bin Abdullah, dia berkata, Nabi pernah melihatku mengenakan dua pakaian mu’ashfar, lalu beliau saw bersabda, “Ini adalah pakaian orang-orang kafir, maka janganlah kamu mengenakannya,” (HR Muslim).

Mu’ashfar adalah pakaian yang dicelup dengan warna kuning (za’faron). Para ulama berbeda pandangan terhadap pakaian yang dicelup warna kuning tersebut.

Imam Abu Hanifah, Imam Syafi’i, dan lain-lain berpendapat, secara umum tidak boleh memakai pakaian berwarna kuning yang mencolok bagi laki-laki. Sebagian ulama lainnya mengkhususkan larangan hanya pada orang yang sedang ihram. Namun mereka membolehkan memakai baju warna kuning apabila bercampur dengan warna-warna lain.

Sedangkan untuk perempuan dibolehkan, berdasarkan hadits yang diriwayatkan ‘Amr bin Syu’aib dari ayahnya dari kakeknya, ia berkata, “Kami turun bersama Rasulullah saw dari Tsaniyyah. Kemudian beliau menoleh kepadaku dengan keadaan memakai pakaian lembut yang dicelup dengan ushfur. Maka beliau bertanya, ‘Apa ini yang engkau pakai?’ Maka aku pun mengetahui Rasulullah saw tidak menyukainya. Aku pun mendatangi keluargaku dalam keadaan mereka menyalakan api dan aku lemparkan baju itu ke dalamnya. Kemudian aku mendatangi beliau pada besok harinya. Beliau bertanya, ‘Bagaimana nasib bajumu?’ Maka aku ceritakan apa yang aku lakukan pada baju itu. Maka beliau berkata, ‘Kenapa engkau tidak memakaikan baju itu pada sebagian keluargamu. Karena baju tersebut tidak apa-apa jika dipakai wanita,’” (HR Abu Dawud, Ibnu Majah, Ahmad, dan di-hasan-kan oleh Al-Albani).

Dari penjelasan di atas, tidak apa jika anak laki-laki Anda yang berusia 2 tahun memakai pakaian berwarna kuning, apalagi jika ada variasi warna lainnya. Wallahu a’lam.

Sumber: ummi-online.com

loading...

Leave a Reply